Electronic E-Commerce (perdagangan secara elektronik)

Edit : Nazmudin

SMPIT Daarussalam - Cibitung       

 

Assalamu alaikum Wr.Wb

Pada blog ini kita membahas tentang

Pengertian E-Commerce (Perdagangan Elektronik)

pada halaman 143 Informatika VIII

Secara umum, pengertian E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transmisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan software, hal ini membuat transaksi konvensional menjadi mungkin untuk dilakukan secara elektronik.

Website digunakan sebagai pengganti toko offline. Website ecommerce mencakup berbagai fungsi seperti etalase produk, pemesanan online dan inventarisasi stok, untuk menjalankan fungsi utama sebagai e-commerce.

Software yang digunakan terpasang pada server e-commerce dan bekerja secara simultan dengan sistem pembayaran online untuk memproses transaksi.

Secara umum e-commerce artinya melakukan bisnis melalui jaringan yang saling terhubung (interconnected networks/internet).

Berikut beberapa contoh dari praktek e-commerce:

  • Menerima pembayaran kartu kredit untuk transaksi penjualan online
  • Menghasilkan pendapatan dari iklan online
  • Pertukaran saham melalui broker online
  • Penyaluran informasi kepada perusahaan melalui intranet
  • Penyaluran manufaktur dan distribusi dengan partner melalui ekstranet
  • Melakukan penjualan produk digital melalui website

Transaksi e-commerce terjadi pada banyak ruang lingkup mulai dari bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen dan konsumen ke bisnis. Istilah e-commerce atau e-business sering digunakan secara bergantian juga dengan istilah e-tail dalam referensi untuk proses transaksional belanja online.

 

8 Keuntungan Bisnis E-Commerce yang Perlu Anda Ketahui

Berdasarkan survei Asosiasi Pengguna Jasa Internet di Indonesia (APJII) per Maret 2018, jumlah penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 143 juta jiwa, yang artinya sekitar separuh dari total penduduk Indonesia. Tidak mengherankan, banyak pelaku bisnis yang beralih ataupun memulai bisnis dengan model e-commerce.

Selain karena besarnya potensi pasar di Indonesia, berikut adalah 8 keuntungan bisnis e-commerce yang perlu Anda ketahui:

1. Tidak Ada Batasan Geografis



Memiliki toko fisik artinya Anda akan terbatas pada wilayah tertentu. Dengan memiliki website e-commerce, Anda dapat menjangkau siapapun dan di mana pun, tanpa adanya batasan geografis. Selain itu, semakin maraknya perangkat mobile juga memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen.

2. Mendapatkan Konsumen Baru Via Mesin Pencari

Banyak orang yang melakukan riset sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Perilaku ini dilakukan karena mereka ingin memastikan bahwa produk yang akan dibelinya nanti memiliki kualitas yang baik, sehingga tidak mengherankan jika banyak dari mereka yang mendarat di website e-commerce yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

3. Biaya Lebih Terjangkau



Salah satu aspek yang menonjol pada bisnis e-commerce adalah harga yang lebih murah. Hal ini bisa terjadi karena bisnis e-commerce tidak membutuhkan toko fisik. Dengan kata lain, Anda dapat menghemat biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk membangun ataupun menyewa toko.

4. Mencari Produk Lebih Cepat

Dengan adanya toko online atau e-commerce ini, pelanggan Anda tidak perlu lagi mengelilingi toko hanya untuk mencari produk yang mereka inginkan. Hanya dengan menuliskan nama produk tersebut di kotak pencarian, mencari produk yang spesifik bukan lagi menjadi masalah.

5. Menghemat Waktu

Terkadang, banyak orang yang rela melakukan perjalanan jauh hanya untuk membeli produk di toko fisik tertentu. Alasannya bisa berbagai macam, namun alasan yang paling umum mengenai hal ini adalah produk tersebut tidak bisa ditemukan di tempat lain. Dengan adanya e-commerce, mereka dapat mengunjungi toko yang sama secara virtual hanya dengan beberapa klik saja.

6. Memberikan Perbandingan Harga



E-commerce biasanya juga memberikan fasilitas perbandingan harga, sehingga para konsumen dapat menemukan harga terbaik untuk produk yang sama. Saat ini juga banyak tersedia situs-situs yang menampilkan harga dari berbagai marketplace. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan strategi penetapan harga nantinya.

7. Buka Sepanjang Waktu

Situs e-commerce dapat berjalan sepanjang waktu, 7 hari 24 jam sepanjang tahun. Hal ini jelas menguntungkan Anda, karena konsumen Anda dapat memesan barang kapan saja. Meskipun beroperasi 24/7, Anda tidak perlu memantau e-commerce Anda seharian penuh, karena e-commerce sudah dilengkapi dengan sistem khusus yang dapat menerima pembelian secara otomatis, dan Anda pun akan menerima pemberitahuan secara realtime.

8. Memudahkan Komunikasi Bisnis

Dengan memanfaatkan cookies ataupun informasi yang diberikan konsumen di formulir berlangganan, Anda dapat mengakses banyak informasi mengenai konsumen Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyampaikan pesan yang relevan kepada mereka.

Bagi Anda yang baru saja memulai bisnis e-commerce, mungkin Anda bertanya-tanya tentang platform e-commerce manakah yang terbaik. Dari beberapa platform e-commerce yang ada saat ini, Shopify adalah salah satu yang terbaik, karena ada banyak sekali fitur yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola toko online, seperti free trial, analyticsmobile app, unlimited product, dukungan SEO, dan beberapa fitur lain 

 

Sekian untuk materi hari ini..

Untuk memastikan kalian aktif pada materi ini.. silahkan tulis nama lengkap dan kelas pada kolom komentar.. sebagai pengganti absensi pada bulan Januari minggu ke 3

 

Terimakasih..

Wassalamu alaikum Wa rohmatullah Wa barokatuh

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. muhammad raffi akbar 8.3 (hadir)

    ReplyDelete
  3. Raihan putra sulaiman 8.4hadit pak

    ReplyDelete
  4. Muhammad Faris Faisal Kelas 8.3 Hadir

    ReplyDelete

Post a Comment